(Mandirancan 30/01/2018). Musrenbang Desa adalah kegiatan rutin tahunan yang telah melalui proses tingkat Dusun (Musdus). Kegiatan teresbut merupakan proses wajib yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dalam rangka merencanakan pembangunan di tingkat Desa.

Musrenbang Desa Mandirancan dihadiri oleh Kepala Desa beserta Perangkat Desa, BPD, Ketua RT/RW, PKK, Karang Taruna dan Tim Fasilitasi dari Kecamatan Kebasen. Dalam sambutannya, Kepala Desa Mandirancan mengingatkan pentingnya partisipasi masyarakat. Masyarakat harus ikut berpartisipasi aktif dalam perencanaan pembangunan maupun dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat Desa. Dengan adanya peran aktif masyarakat dalam pembangunan, diharapkan program pembangunan di Desa Mandirancan tepat sasaran.

Tim Fasilitasi Kecamatan Kebasen dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Kecamatan menjelaskan bahwa Musdes adalah membahas prioritas pembangunan tingkat Desa, terutama program-program yang tidak bisa didanai dengan Dana Desa. Usulan tersebut kemudian diusulkan di rapat Musrenbang tingkat Kecamatan dan di input melalui E-planning Musrenbang Kabupaten Banyumas. Tim Fasilitasi berharap usulan program yang dimunculkan tidak hanya program fisik, namun juga meliputi program-program non-fisik untuk menunjang kualitas SDM Masyarakat Desa Mandirancan.

Dalam acara inti, Kepala Dusun I dan Kepala Dusun II menyampaikan prioritas usulan tingkat Dusun. Adapun hasil Musrenbang Desa Mandirancan meliputi :

1. Pembangunan Desa :

– Bronjong Kali Rabak

– Drainase Jalan Kali Bacin

– Bronjong Kali Kemit

– Rabat Beton

– Talud dan Drainase Jl Raya Mandirancan – Banyumas

2. Pemberdayaan Masyarakat Desa :

– Pelatihan Ecommerce

– Pelatihan Pengelolaan Agrobisnis

– Pelatihan Pengolahan Sampah