Mandirancan (26/09/2018). Sudah menjadi kegiatan rutin bulanan, setiap tanggal 21, di RW 002 Desa Mandirancan diadakan Posyandu Lansia. Kegiatan ini dihadiri oleh warga di atas 40 tahun. Mereka biasanya datang untuk melakukan pengecekan tekanan darah, gula darah, asam urat, kolesterol juga lemak dalam tubuh. Mereka dilayani oleh para kader posyandu. Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh bidan desa. Kegiatan serupa juga dilakukan di RW lainnya, meski dengan waktu pelaksanaan yang berlainan. Seperti di RW 003, kegiatan ini dilaksanakan bulanan setiap tanggal 18. Di RW 003 ini tercatat lebih dari 200 anggota, dengan 60 diantaranya merupakan anggota aktif.

Posyandu Lansia membawa manfaat besar bagi masyarakat. “Untuk masyarakat yang menyadari akan kesehatan mereka, Posyandu Lansia merupakan sesuatu hal yang wajib untuk memantau kesehatan mereka, memantau tekanan darah mereka sehingga dengan adanya Posyandu Lansia ini kesehatan mereka terpantau setiap bulannya,” jelas Ibu Dasimah Ketua Posyandu RW 003 Desa Mandirancan.

Pelayanan Posyandu dibuka dari pagi sampai siang. Setelah melakukan registrasi, anggota mengukur berat badan dan tekanan darah, dilanjutkan dengan penyuluhan dan pelayanan medis jika dibutuhkan. Sementara itu, di RW 002, sebelum pengecekan dimulai, mereka melakukan senam lansia terlebih dahulu. Secara umum, peralatan di Posyandu ini sudah memadai. “Peralatan cukuplah, hanya saja, warga lansia belum semuanya menyadari akan pentingnya melakukan cek kesehatan,” kata salah seorang kader Posyandu. (Titi Budiastuti)